Senin, 22 November 2010

Hasil Survey dan Pengukuran Lokasi Prioritas


Setelah diadakan rangkaian kegiatan PLP-BK, maka TIPP beserta TAPP dan tim PLP-BK telah sepakat menentukan kawasan prioritas yang telah melalui kesepakatan bersama baik dengan masyarakat kelurahan Ngroto maupun dengan Tim Teknis Kabupaten Blora. Kawasan Prioritas ini juga telah melalui uji publik tingkat kelurahan. Dengan uji publik diharapkan ada masukan maupun tanggapan dari masyarakat agar bila ada kekurangan segera diadakan revisi.

TIPP, TAPP, stakeholder terkait, dan tim PLP-BK pada hari sabtu tanggal 13 November 2010 telah melakukan survey untuk mengadakan pengukuran lokasi terpilih.

Berikut hasil yang sudah dicapai oleh PLP-BK untuk kawasan prioritas dan gambar ukuran hasil survey yang telah dilakukan :

1. Pembuatan Gapura Pintu Masuk Kelurahan Ngroto

Gapura ini merupakan perlambang produk dan hasil home industry dari Kelurahan Ngroto yang telah mencapai pangsa pasar di berbagai daerah. Gapura yang ada saat ini masih sangat sederhana dan jika dilihat sepintas tidak tampak adanya pintu batas masuk ke kelurahan Ngroto.




2. Pembuatan Tugu Putar Pertigaan

Pertigaan antara Jalan Giati dengan Jalan Gagakan merupakan ruas lalu lintas yang sering menimbulkan kecelakaan. Biasanya pengemudi yang dari arah Karangboyo menuju Jalan Gianti melaju dengan kencang, padahal dari arah Jalan Gagakan juga ada pengemudi yang akan masuk ke arah Jalan Gianti. Dengan pembuatan Tugu Putar diharapkan mengurangi resiko kecelakaan yang terjadi di pertigaan.



3. Pembuatan Pusat Pelatihan dan Display Home Industry

Masyarakat Ngroto sangat membutuhkan tempat untuk pelatihan, terutama tempat untuk pelatihan home industry. Tempat pelatihan ini juga akan digunakan sebagai pusat segala aktivitas kerajinan maupun produk kuliner makanan ringan. Selain itu Pusat Pelatihan ini juga memiliki fungsi sebagai ruang publik untuk mengadakan berbagai pertemuan, acara-acara yang berkaitan dengan kegiatan BKM dan Kelurahan, dan pemasaran hasil home industry di Kelurahan Ngroto.




> Pembuatan Tempat Relokasi Kios

Kios ini sebelumnya berada di depan Balai Kelurahan yang tentu saja sangat mengganggu pemandangan dari depan balai kelurahan. Dengan adanya pembuatan Pusat Pelatihan dan Display Home Industry, maka secara otomatis semua kios yang ada di depan Balai Kelurahan harus di relokasi. Mengingat kios ini merupakan mata pencaharian dari beberapa warga Ngroto, maka dicarikan lokasi relokasi yang juga strategis.

Tidak ada komentar: