Minggu, 21 November 2010

Kawasan Prioritas Terpilih


Pada tanggal 12 November 2010 tepatnya jam 19.00 WIB bertempat di Balai Kelurahan Ngroto, yang dihadiri tokoh masyarakat, unsur TIPP, unsur BKM, Punggowo Noto Deso, Kelompok Wanita Tani (KWT), kelompok pengolahan Limbah kerajinan Kayu, kelompok pengolahan sampah rumah tangga, dan warga kelurahan Ngroto. Kegiatan tersebut dilakukan untuk menentukan kawasan proritas terpilih. Dari hasil penyusunan dokumen RPLP,di Kelurahan Ngroto terdapat 3 kawasan prioritas yang akan ditata, yaitu:
1. Gerbang (gate) sebagai identitas Kelurahan Ngroto
2. Pertigaan/ Tugu putar sebagai landmark dan juga node Kelurahan Ngroto
3. Pusat Pelatihan dan Display Kelurahan Ngroto yang mempunyai beberapa tujuan, yaitu: mengembangkan home industri untuk warga Ngroto sebagai generator perekonomian, sebagai tempat untuk menampilkan produk, mengatur dan mengelola manajemen organisasi beberapa home industri di kelurahan Ngroto, serta menata kawasan terpilih sebagai pusat aktivitas yang saat ini mengalami penurunan kualitas visual.

Dari ketiga kawasan prioritas tersebut, warga menentukan kriteria kawasan prioritas untuk memilih kawasan prioritas terpilih. Terdapat 4 (empat) kriteria, yaitu:
pertama Kawasan yang memiliki persoalan-persoalan pembangunan (fisik, sosial dan ekonomi) yang mendesak untuk ditangani (urgent).
kedua Kawasan yang memiliki potensi sumberdaya lokal yang lebih tinggi dibandingkan kawasan lainnya dan apabila potensi tersebut didayagunakan, diperkirakan dapat membangkitkan perkembangan atau menjadi triger (pemacu) perkembangan pembangunan fisik, sosial, ekonomi, Kelurahan Ngroto
ketiga Daya dukung masyarakat terhadap kawasan prioritas
keempat Daya dukung lahan kawasan prioritas.
Berdasarkan berbagai pertimbangan dan perdebatan yang alot dari peserta rembug, akhirnya dilakukan voting dalam penentuan kriteria kawasan prioritas dan hasil akhir dari voting tersebut maka terpilih tema ketiga, yaitu Pusat Pelatihan dan Display Kelurahan Ngroto, dengan tidak mengesampingkan penataan pilihan pertama dan kedua diharapkan ketiga prioritas tersebut tetap dilakukan.

Tidak ada komentar: