Jumat, 21 Mei 2010

Pelatihan Dasar Perencanaan Partisipatif Kelurahan Ngroto


Pada tanggal 11 - 12 Mei 2010 bertempat di Balai Kelurahan Ngroto dilakukan kegiatan Pelatihan Dasar Perencanaan Partisipatif bagi anggota TIPP, Pokja, dan UP-UP. Total jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah 52 orang, laki-laki sebanyak 37 orang dan perempuan 14 orang. Sebagai pemandu pelatihan ini adalah Tri Arie W (SF PLP-BK) dan Andre. CH (Askot UP).

Materi yang diberikan dalam pelatihan selama dua hari antara lain :
Tema 1 : Perencanaan Pembangunan dan Penataan Ruang ( 2 JPL)
Tema 2 : Pengenalan Konsep PLP-BK (2 JPL)
Tema 3 : Teknik Perencanaan Partisipatif (4 JPL)
Tema 4 : Menggagas Arah Perubahan Sosial (2 JPL)
Tema 5 : Perencanaan dan Kebijakan Penataan Lingkungan Permukiman (1 JPL).

Sebenarnya pelatihan akan dilaksanakan selama tiga hari, tetapi dengan pertimbangan bahwa akan ada kegiatan Pemetaan Swadaya yang akan dilakukan pada bulan Juni 2010. Maka atas persetujuan bersama antara Panitia Pelatihan dan Faskel PLP-BK memutuskan untuk pelatihan dilakukan dua hari dulu, sedangkan sisa satu hari akan dilakukan menjelang pelaksanaan Pemetaan Swadaya. Hal ini akan memberi kesempatan bagi anggota TIPP dan Pokja untuk menyusun Rencana Kerja Perencanaan Partisipatif bersama TAPP. Dari satu hari pelatihan yang belum dilaksanakan, diharapkan menghasilkan RKTL TIPP dan Pokja. Hal ini sejalan dengan materi yang akan disampaikan oleh pemandu, yaitu : "Jadwal Perencanaan Partisipatif dan Penyusunan RKTL (1 JPL)."

Menurut Bp. Akim selaku anggota BKM yang juga termasuk dalam keanggotaan TIPP, melalui pelatihan ini akan semakin memperdalam konsep dan pelaksanaan program PLP-BK di masyarakat, khususnya pada tahapan Perencanaan Partisipatif yang menjadi tugas utama TIPP. "Semoga saja kita bisa melaksakan program ini dengan baik, sesuai target dan jadwal yang telah ditentukan, serta mencapai tujuan program ini," imbuh beliau.

Tetep semangat bagi kita semua....Ayo bareng-bareng Mbangun Ngroto...!!!!!

2 komentar: