Senin, 02 Agustus 2010

Studi Banding BKM : "Ngroto akan lebih baik dari Pringapus..."


Minggu 1 Agustus 2010 BKM “Makmur Sejahtera”, Kelurahan Ngroto mengadakan studi banding ke BKM “Sedya Mulya” Kelurahan Pringapus – Semarang. Inti kegiatan ini adalah BKM Makmur Sejahtera, Kelurahan Ngroto akan diberikan informasi dan paparan mengenai proses kegiatan selama Tahapan Perencanaan Partisipatif Program PLP-BK di Kelurahan Pringapus.
Studi banding ini dihadiri oleh Camat Cepu Bp. Purwadi, Bp. Budi Santosa selaku Lurah Ngroto, Satker PIP/ Koordinator Tim Teknis PLP-BK Kabupaten Blora Bp. Riyadi Atmodipoero – dan beberapa anggota perwakilan dari Tim Teknis, serta Bp. Akim selaku Koordinator BKM Makmur Sejahtera dan semua anggotanya, anggota TIPP, TAPP, Askot, SF, dan beberapa perwakilan dari Pokja-Pokja. Rombongan berangkat dari Kelurahan Ngroto pukul 04.00 sesampainya di Semarang menuju Masjid Agung Jawa Tengah untuk persiapan dan makan pagi. Pukul 10.30 diterima oleh Koordinator BKM Bp. Siswo beserta anggota BKM dan didampingi oleh TAP (Tenaga Ahli Pemasaran) DR. Asnawi dan Askot Kabupaten Semarang yang bertempat di Kantor BKM Sedya Mulya Kelurahan Pringapus.
Acara dimulai dengan perkenalan antar BKM dilanjutkan dengan pemaparan kondisi lingkungan BKM Sedya Mulya serta tanya jawab oleh peserta dari BKM Makmur Sejahtera. BKM Sedya Mulya merupakan BKM percontohan yang merupakan salah satu dari 18 lokasi Pilot ND di Indonesia dan saat ini BKM Sedya Mulya pada tahap Kegiatan Pemasaran. Disela-sela sambutannya, Bp. Siswo sempat memberikan pujian bahwa pelaksanaan Program PLP-BK Kelurahan Ngroto akan lebih baik dari Pringapus. Hal ini dengan melihat kebersamaan dan antusias warga yang diwakili oleh rombongan studi banding, serta progess kegiatan. Sedangkan Koordinator Tim Teknis Blora dalam kesempatan sambutannya membeberkan rencana pengembangan wilayah Kecamatan Cepu dan Kelurahan Ngroto terkait dengan keberadaan Blok Cepu (penambangan minyak bumi). Jadi dengan keberadaan Program PLP-BK sangatlah tepat untuk mengatasi perkembangan wilayah Kelurahan Ngroto yang wilayahnya berdekatan dengan lokasi pengolahan minyak mentah. Sedangkan Koodinator BKM Makmur Sejahtera pada kesempatannya memperkenalkan anggota BKM/UP-UP, TIPP, dan perwakilan dari Kelurahan Ngroto lainnya serta perkembangan kegiatan Program PLP-BK yang sedang berlangsung.
Acara selanjutnya adalah tinjauan lapangan menuju lokasi kawasan prioritas terbangun dari kegiatan PLP-BK di Kelurahan Pringapus. Peserta melihat dan diberikan penjelasan mengenai kondisi pembangunan yang sedang berlansung, yaitu pengelolaan ruang terbuka di pinggiran sungai. Setelah selesai kegiatan di BKM Sedya Mulya, perjalanan dilanjutkan menuju Pasar Bandungan dengan tujuan untuk para peserta dapat bersantai setelah perjalanan jauh. Pada pukul 18.00 rombongan meninggalkan Kota Semarang untuk melanjutkan perjalanan pulang ke Kelurahan Ngroto.

1 komentar:

SEOnesia mengatakan...

semoga makin sukses