Kamis, 01 April 2010

Mbangun Ngroto....>>> Buletin PLP - BK Edisi Pertama


Buletin edisi pertama yang akan menjelaskan tentang pelaksanaan Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas (PLP-BK) atau ”Noto Deso” (ND).



Tahun ini, Kelurahan Ngroto mendapatkan program dari PNPM Mandiri Perkotaan, yaitu Program PLP-BK atau yang sering disebut sebagai Program ”Noto Deso” (ND). PLP-BK atau ND merupakan suatu program penataan lingkungan permukiman (komunitas dan lingkungan huniannya secara terpadu) untuk menciptakan tatanan kehidupan dan hunian yang tertata selaras, sehat, produktif, berjatidiri, dan berkelanjutan.
Dalam ND, pembangunan fisik lingkungan menjadi media belajar untuk membangun tata kerja bermasyarakat untuk menyepakati peraturan-peraturan yang dibutuhkan dalam berbagi ruang hidup sehingga mampu menjadi perekat dalam tata hidup masyarakat madani yang saling menghargai dan produktif.
Tahapan pelaksanaan ND di Kelurahan Ngroto telah menyelesaikan Sosialisasi Tingkat Basis di 19 RT dan perekrutan relawan.
Saat ini, Tim Inti Perencanaan Partisipatif (TIPP) yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan Tahapan ND yang pertama dengan koordinator Bapak M. Akim tengah mempersiapkan kegiatan pelatihan TIPP dan perekrutan tenaga ahli untuk mendampingi pelaksanaan ND.

Tujuan Program ND :
1. Masyarakat yang sadar pentingnya tinggal di permukiman yang tertata selaras dengan lingkungan yang lebih luas.
2. Masyarakat yang berbudaya sehat, bersih, dan tertib pembangunan.
3. Masyarakat yang mampu secara kreatif dan inovatif melakukan perencanaan, dan pengelolaan pembangunan lingkungan permukiman mereka.
4. Tata kelembagaan pemerintahan yang efektif dan efisien dalam menerapkan tata kepemerintahan yang baik (good governance) tingkat kelurahan.

Kegiatan ND yang akan dilakukan :
> Pertemuan-pertemuan/ musyawarah di tingkat RT/RW maupun kelurahan, baik bersifat rapat maupun sosialisasi, termasuk pertemuan dengan kelompok perempuan dan warga miskin.
> Pelatihan dan bimbingan, termasuk penyediaan bahan dan media belajar.
> Perekrutan Tenaga Ahli yang dilakukan TIPP dan Kelurahan untuk mendampingi kegiatan perencanaan partisipatif di masyarakat.
> Survei Pemetaan Swadaya, termasuk analisis, pembuatan peta tapak dan penulisan laporan.
> Lomba menggambar “Desa Impian” dan membuat maket untuk menentukan konsep pembangunan kelurahan.
> Kunjungan ke desa/ kelurahan lain yang akan dijadikan lokasi percontohan bagi Kelurahan Ngroto.
> Kerja kelompok penyusunan rencana tindak penataan kembali lingkungan permukiman (RPLP dan RTPLP).
> Kegiatan memasarkan program-program pembangunan ND yang telah disusun.
> Bantuan pembuatan gambar-gambar teknik, spesifikasi dan perhitungan biaya dan penyusunan DTPL (Dokumen Teknik Pembangunan Lingkungan)
> Pengawasan pelaksanaan konstruksi pembangunan lingkungan dan rumah.

Semoga dengan keberadaan Program PLP-BK atau ND akan terus memupuk semangat kebersamaan dan gotong royong untuk membangun Kelurahan Ngroto.

Tidak ada komentar: